Blogger Widgets All About Us..: That's (NOT) A Joke!

Kamis, 03 Desember 2015

That's (NOT) A Joke!

Masih jaman kalo sekarang nanyain umur brapaaa? 
Sudah bosen setiap orang nanyain umur berapa, lahir tahun berapa sekarang sibuk apa. Seperti tidak ada stok pertanyaan lain saja di dunia ini. Kalau memang baru pertama kenal dan belum pernah ketemu sebelumnya, itu wajar. Namun, jika harus ditanya berulang kali , apa perlu di jawab berulang kali juga?
Manusia. Memang manusia jaman sekarang beragam jenis. Ada yang nanyanya udah selevel reporter bahkan ada yang melebihi petugas sensus kelurahan. Padahal maksud dan tujuan dalam menanyakan itu saja tidak begitu valid. Bahkan hanya dijadikan bahan olok-olok semata. Aneh memang. 
Tidak bisa dipungkiri bahwa jaman sekarang Kepo-istilah anak gaul pada abad millenium-ini sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Ibaratnya, tiada hari tanpa kepo. Kalau ada yang penasaran, mereka tak segan untuk menanyakan ini itu nya ke pada si narasumber yang bersangkutan. Memang tidak salah. itu sifat manusiawi. Namun, alangkah baiknya jika dilihat dulu bagaimana keadaan dan situasi dalam bertanya. mbok, ya ada toto kromo nya,toh.

Saya bingung, pernah acap kali saya berkenalan dengan seseorang, dia (sebut saja namanya mas...) bertanya berapa umur saya saat ini. Apakah ada pengaruhnya ketika saya berusia 20 tahun atau 30 tahun? Apakah sangat mempengaruhi kualitas perkenalan? Ah, entahlah...lagi lagi saya gagal paham soal itu,
Dan permasalahan selanjutnya mengenai usia yang lebih tua dari orang-orang disekeliling. Sebenarnya, hal ini tak akan jadi masalah jika orang - orang disekeliling juga tak mempermasalahkan hal ini, bukan? Tapi apa fakta nya?

Lets see....Saya merupakan alumni mahasiswi di sebuah sekolah kesehatan. Saya angkatan '12. Namun, usia saya ketika kuliah tidak sama dengan teman-teman saya yang lain. Karena memang ada faktor lain. Bukan karena saya tinggal kelas dulunya, tapi karena memang saya menganggur setahun demi melanjutkan cita-cita saya yang sampai sekarang tidak tercapai itu. But, it doesn't matter, Allah malah menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik dari cita-cita saya dulu.
Lalu, saya sempat minder mengenai "kelebihan umur" saya dibandingkan teman-teman. Merasa lebih senior tapi seangkatan sama mereka. Saya sadar kok, jika saya lebih tua satu tahun diantara mereka. Tapi apa pengaruh nya dengan kualitas perkuliahan saya? apakah teman-teman saya tidak mau berteman jika saya lebih tua setahun dari mereka? Jelas saja itu bukan pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Tapi semakin kesini, kok saya merasa kalau itu sudah dipermasalahin banget. Bahkan kadang sering dijadiin bahan bercandaan. Yah, kalau memang satu atau dua kali bagi saya tak masalah, tapi kalau hampir tak terhitung dan dijadiin bahan tertawaa apakah itu masih normal ?
Ah, saya terlalu banyak tanya ya? sudah seperti anak gaul jaman sekarang saja yang kepo addict!
Manusia suka sekali memperbesarkan masalah kecil, tapi sulit sekali memperkecil masalah besar. Saya bahkan hanya bisa diam dan manut kalau memang itu terjadi pada saya. Saya bisa apa? membalas dengan hal yang sama? tidak akan. Itu berarti saya sama dengan mereka. Saya hanya ingin orang-orang tidak mempermasalahkan usia saya yang entah lebih muda atau lebih tua dari mereka. Karena usia tidak menjadi standardisasi dalam pertemanan. Kalau memang ingin bercanda, cobalah dengan hal - hal yang positif dan sehat. Bukan karena fisik atau usia mereka yang membuat seseorang menjadi aneh lalu dengan seenaknya orang lain bebas manjadikan "dia" buah bibir, Tapi lebih ke penghargaan, kalau seseorang itu berarti memiliki kelebihan dari yang lain....
At least, Tua itu pasti TAPI dewasa itu pilihan. Saya berusaha agar menyikapi setiap hal dengan dewasa seiring bertuanya usia saya....

Sekedar sharing uneg-uneg saja dan berbagi cerita pada mereka yang memiliki pengalaman sama dengan saya, Toh, jika nantinya ada yang merasa jadi "tersangka", jangan marah. Karena kita hidup di negara demokrasi yang bebas menyampaikan pendapat :)

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

jangan lupa dikomen dan diberi saran yaaterima kasih sudah berkunjung, jangan bosan - bosan datang lagi yaa